02 November 2011

Baik Atau Buruk Berhubungan Dengan Bagaimana Kita Berpikir

Pada suuatu ketika ada seorang pria menelepon Herman. Dia kelihatan sedih.merasa sudah tidak memiliki apa-apa dalam hidupnya. Herman pun mengundang pria tersebut  datang ke tempat kerjanya.

“Aku kehilangan semuanya. Tak terlihat ada harapan lagi,” kata pria itu.
“Sekarang aku hidup dalam suasana yang gelap gulita.Hidup ini telah hilang dari diriku”.
 Herman terlihat tersenyum penuh simpati.

“Baiklah,,sekarang kita pelajari tentang keadaan kamu saat ini,” katan Hermat dengan nada lembut.

Herman mengambil sebuah kertas dan ia menggambar sebuah garis lurus dari atas ke bawah tepat di tengah-tengah halaman kertas. Dia memberi saran  pada kolom sebelah kiri pria tersebut untuk menuliskan apa saja yang telah hilang dalam hidupnya. Sementara itu pada kolom sebelah kanan, ia disuruh menuliskan apa saja yang masih tersisa dalam hidupnya.

“Aku tidak perlu mengisi pada kolom sebelah kanan ini,” kata pria itu yang masih larut dalam kesedihannya.
“Apa yang aku punyai sudah tak ada lagi, tak punya apa-apa lagi.”
“Apa km bercerai dengan istrimu,,dan kapan itu terjadi?” tanya Herman.
“Apa yang kamu maksud? Tidak ada perceraian disini. Istriku sangat mencintaiku!!!!!”
“Wah bagus sekali itu,” jawab Herman dengan penuh antusias.
“Baiklah sekarang di catat itu sebagai hal pertama di kolom sebelah kanan “Seorang istri yang sangat mencintai”.
“Oke, sekarang apakah anakmu dipenjara?”
“Wah,,,,Anda ini aneh sekali. Anakku ga ada yang masuk penjara!”
“Great!!! Itu hal kedua untuk kolom disebelah kanan “Anak tidak ada yang penjara.” jawab Herman sambil menuliskannya di atas kertas tadi.

Herman masih memberi beberapa pertanyaan lagi dengan nada yang serupa, akhirnya pria tersebut bisa menangkap apa yang dimaksud Herman dan dia menertawakan dirinya sendiri.
“Sangat menggelikan .OOHHHH,,,betapa segalanya berubah ketika kita memikirkanya dengan cara yang seperti itu,” ucapnya.

Ada yang berkata, bagi yang hatinya sedang sedih lagu yang riang pun akan terdengar memilukan. Dan ada pula orang yang berkata, satu kali pikiran negatif terlintas di pikiran, dunia akan terjungkir balik.Oleh karena itu mulailah hari dengan selalu berfikir yang positif.

Catatlah hal-hal positif yang pernah kita miliki dan sedang kita miliki dalam hidup ini, bebaskan pikiran kita dari hal-hal negatif yang hanya akan menarik energi negatif dari luar diri kita. Dengan berfikir yang positif kehidupan  terasa sangat indah dan tidak terlihat kejam seperti yang kita bayangkan. Semua objek yang berada di sekeliling kita akan sangat tergantung dari bagaimana kita memandang dan mengartikanya.Bagaimanapun bentuk Lingkungan Kita itu adalah bentuk dari apa yang ada dalam Pikiran Kita. Lingkungan akan berbuat positif untuk Kita jika Kita mempersepsikan linkungan itu baik, sebaliknya Lingkungan akan berbuat negatif kepada kita apabila  kita mempersepsikan sebaliknya.

"Semoga Bermanfaat"
Post a Comment