03 May 2012

Cinta Terlarang Terasa Lebih Di Hati

Saya rasa semua pernah jatuh cinta. Cinta monyet saat  kecil juga pasti pernah kita rasakan. Saat sekolah saya rasa juga ada yg disebut cinta main-main heheh.... Dan ada juga cinta yang serius saat kita mulai dewasa. Mungkin kita pernah mengalami bermacam jenis cinta, tetapi bagaimanakah dengan sebutan cinta terlarang?????




Bagi anda yang pernah merasakanya atau mengalami, pasti merasa cinta terlarang ini lebih spesial. Cinta terlarang umumnya terjadi krena adanya pertentangan oleh orangtua dengan hubungan kita , munkin teman atau masyarakat juga menentangnya karena memang tidak semestinya terjadi. Ironisnya, semakin dilarang ortu dengan  hubungan itu, maka akan semakin semangat usaha kita untuk meneruskan hubungan.orang menyebutnya dengan Fenomena efek "Romeo dan Juliet".

Seperti kita tahu Romeo dan Juliet adalah sepasang insan  berasal dari dua keluarga yang berbeda bahkan saling bermusuhan. Walaupun mereka saling mencintai satu sama lain, jelas hubungan mereka pasti ditentang oleh keluarga mereka. Meski demikian Romeo dan Juliet tetap nekad menjalin hubungan secara bersembunyi atau diam-diam. Cerita ini berakhir tragis saat Romeo meminum racun dan Juliet pun bunuh diri, dan akhirnya cinta mereka disatukan oleh maut.

Mungkin bila keluarga mereka tidak bermusuhan dan hubungan mereka saya rasa akan baik-baik saja, dan mungkin rasa cinta yang timbul antara mereka berdua tidak akan sebesar itu. Hal seperti ini dapat dijelaskan secara psikologis. "Pada umumnya manusia ingin menjadi pribadi yang merdeka". Berhak menentukan pilihan sesuai keinginan kita sendiri dan tidak ingin dikendalikan oleh orang lain. Manakala “kebebasan” itu terancam, kita akan berusaha mendapatkanya kembali agar kita merasa sebagai diri manusia(individu) yang autonom, bebas untuk menentukan pilihan.

Di dalam kasus percintaan, larangan dari pihak-pihak lain merupakan ancaman terhadap “kebebasan” . Maka akibatnya kita berontak. Kita ingin bisa  memegang kendali. Semakin ditentang, akan semakin besar ancaman dan akibatnya semakin besar usaha kita untuk mendapatkan kebebasan dengan  melanjutkan “Cinta Terlarang” dengan si dia. Saat kita melakukan ini, perasaan akan semakin sayang dengan pasangan. Ini adalah suatu siklus:
  1. Adanya tentangan.
  2. Berakibat kita merasa dikekang, merasa kebebasan kita direbut.
  3. Pasti kita ingin merasa Bebas. So, apa yang harus dilakukan?
  4. Memberikan kasih sayang lebih pada sang kekasih; menunjukan ke ortu bahwa mereka tidak dapat merebut kebebasan yang kita miliki.
  5. Dengan sikap “memberi kasih sayang yang lebih” tersebut, secara tak sadar perasaan  pada pasangan akan makin kuat.
  6. Kembali lagi ke tahap (1)
Jadi, itulah mengapa cinta terlarang terasa lebih indah. Lebih terasa di hati.
Silahkan bila ada yang mau sharing.....
Post a Comment