16 May 2012

Ibu Sibuk Dan Dampaknya Terhadap Anak

Saat ini memang kita akui bertambahnya kebutuhan yang tidak terpenuhi karena melambungnya harga-harga yang semakin mahal. Untuk dapat memenuhi kebutuhan itu salah satu cara adalah dengan menambah penghasilan keluarga...akhirnya kalau biasanya hanya suami yang kerja sekarang istripun ikut bekerja.


Seorang ibu yang membantu suami ikut bekerja mempunyai banyak pilihan.
Ada sebagian ibu-ibu yang memilih bekerja di rumah dan ada pula ibu-ibu yang memilih bekerja di luar rumah. Bila para ibu bekerja di luar rumah maka mereka harus pandai dalam mengatur waktu untuk keluarga, pada hakekatnya seorang ibu mempunyai tugas pokok yaitu mengatur urusan rumah tangga termasuk mengawasi, mengatur dan membimbing anak-anak. Apalagi bila ibu masih mempunyai anak yang kecil atau balita maka seorang ibu mesti mengerti betul bagaimana mengatur waktu dengan sangat bijaksana. Anak usia 0-5 tahun  sangat tergantung dengan ibunya. Karena anak dalam usia ini belum dapat melakukan tugas pribadinya sendiri seperti makan,minum,mandi,belajar, dan sebagainya. Mereka masih memerlukan bantuan dari orang tua kususnya ibu dalam melakukan hal tersebut. Apabila anak itu terbiasa diasuh oleh seorang pembantu maka seorang ibu harus tahu betul bahwa pembantu tersebut benar-benar mampu membimbing dan membantu anak-anak dalam melakukan pekerjaannya. Kalau salah pilih pembantu dan ternyata tidak dapat melakukannya maka kita sebagai ortu dan anak-anak yang akan menderita kerugian.

Ketika anak berusia 0-5 tahun, pembentukan kepribadian seorang anak dimulai . Anak akan mulai belajar dari orang-orang dan lingkungan disekitarnya tentang hal-hal apa saja yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Anak yang tumbuh berada di dalam lingkungan orang-orang yang sering marah, memukul, dan melakukan tindakan kekerasan lainnya, anak tersebut juga akan bertumbuh menjadi pribadi yang keras. Oleh karena itu ibu atau orang tua harus jeli dan bijaksana dalam menitipkan anak sewaktu orang tua bekerja.

Jadi hanya karena lingkungan yang kurang mendukung saat anak masih kecil akan mengakibatkan dampak negatif bagi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak di usia selanjutnya. Contoh seperti kasus-kasus kenakalan remaja, keterlibatan anak dalam dunia narkoba, dan sebagainya bisa jadi karena pembentukan kepribadian di masa kecil mereka yang tidak mendukung dan terbentuk dengan baik.

Maka dari itu ibu yang bekerja di luar rumah harus betul-betul bijaksana mengatur waktu. Bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga memang hal yang sangat mulia, akan tetapi tetap harus diingat bahwa tugas pokok seorang ibu adalah mengatur rumah tangga. Ibu yang harus bekerja dari pagi hari hinga sore hari tetap harus dapat meluangkan waktu untuk berkomunikasi, bercanda, memeriksa tugas-tugas sekolahnya walaupun ibu sangatlah capek setelah seharian bekerja. Tetapi pengorbanan itu akan menjadi suatu kebahagiaan di kemudian hari jika melihat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan baik.

"Semoga ini bermanfaat"..

No comments: