13 July 2013

Hikmah Puasa Ramadhan :)

Saat kita berpuasa, lapar, haus dan keletihan itu kita rasakan .Berpuasa di bulan Ramadhan  menunjukkan bahwa manusia adalah mahluk lemah yang membutuhkan bantuan dari pihak lain. Karena tanpa makanan tubuhnya akan lemah. bila tanpa minum ia mengalami dehidrasi.
Tak banyak aktifitas yang bisa  dilakukan ketika tubuhnya tidak mendapat asupan makanan dan cairan. Pada level tertentu, kelaparan dan kehausan bisa mengakibatkan kematian .
Lemah, serba terbatas dan membutuhkan yang lain adalah ciri-ciri mahluk. Sekuat apapun manusia ia membutuhkan makanan agar hidupnya bisa berjalan normal. Bukan sekedar makanan tapi nutrisi yang sangat beragam.

Tanpa adanya protein ia akan kekurangan asupan enerji, tanpa adanya vitamin daya tahan tubuhnya akan berkurang, tanpa adanya cairan darahnya jadi mengental. Bila dibiarkan terus menerus maka raga manusia akan mengalami  kerusakan. Pada titik ini, apakah kita mau menyombongkan diri? Beragam kelemahan yang kita rasakan saat berpuasa seharusnya bisa kian menundukkan diri ini di hadapan Allah SWT. Bahwa hanya Allah yang terlepas dari berbagai kelemahan. Itulah sebabnya Allah menamakan dirinya sendiri di antaranya dengan nama as-Salam yang berarti Mahaselamat dari segala kekurangan. Dia tidak membutuhkan apapun untuk tetap ‘hidup’ dan mengatur alam semesta. Ia tidak membutuhkan makanan, justru Dia-lah yang memberikan makanan kepada segenap mahlukNya. Sementara itu manusia membutuhkan alam dan tumbuh-tumbuhan serta hewan sebagai makanannya.

Padahal hanyalah Allah SWT yang sanggup mengadakan semua itu . FirmanNya: “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya. Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit) kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu.”(QS. ‘Abasa: 24-32).

Apabila dijalankan dengan penuh penghayatan puasa ramadhan akan mengokohkan keimanan kta. Ada Zat yang Mahakuasa di balik alam semesta, manusia dan kehidupan ini untuk  menjalankan alam yang serba rumit ini, serta sanggup menghidupi seluruh mahluk hidup yang ada di dalamnya. Termasuk sanggup memberikan kenikmatan pada manusia agar dapat hidup layak di alam dunia. Dengan mengetahui jatidiri manusia sebagai hamba dan mahluk Allah, maka akan lahirlah kepatuhan penuh kepada Allah SWT.

Semua yang diperintahkanNya akan ditaati sepenuh hati tanpa reserve. Karena kita yakin bahwa tidak ada yang sanggup memberikan perlindungan dan jaminan hidup sempurna selain Allah SWT. Inilah bentuk ketakwaan yang harus dicapai dalam pelaksanaan puasa di bulan Ramadhan ini.
Kiranya demikian semoga bermanfaat bagi kita semua."AAMIIN....".
Post a Comment