14 May 2013

Tips Wanita Menjadi Ibu Yang Baik

Pada umumnya setiap anak akan merasa nyaman berada di samping ibunya. Secara alamiah  anak-anak melihat ibu sebagai sosok panutan yang patut diikutinya tetapi ini tak lepas dari figur kepemimpinan seorang bapak dalam sebuah keluarga
tapi untuk topik kita kali ini akan membahas bagaimana menjadi sosok eorang ibu yang baik dan bisa menjadi panutan bagi anak-anak nya.


Bisa di ibaratkan sebuah spons yang kering yang menyerap setiap air yang ada di dekatnya, jadi seperti itulah anak- anak yang dengan polosnya mencontoh cara berbicara(berucap), dan bagaimana ibu mereka bersikap disetiap harinya.

Tidak kita pungkiri , bila sosok seorang ibu adalah ibarat guru pertama bagi anak-anak nya.Bersama ibu pulalah, anak- anak belajar mengenali dan mempelajari hal-hal yang ada di dunia ini.Kemudian ada pertanyaan "Bagaimanakah sikap sebagai seorang ibu, agar  pantas dijadikan teladan yang baik untuk anak- anak nya???

Baiklah,menanggapi pertanyaan diatas semoga tips dibawah ini bisa menjadi referensi bagi anda para ibu-ibu dan juga calon ibu yang ingin menjadi teladan yang baik dan memberi yang terbaik untuk anak-anak nya..Mari kita simak... :)


1.Menjadi Ibu yang selalu bersikap ramah dan menghargai orang lain
Mengajarkan kepada anak-anak kita bahwasanya setiap orang itu tidak sama, dan harus menghargai perbedaan-perbedaan itu. Menanamkan pengertia pada diri anak bahwa tidak seorang pun senang diperlakukan kasar dan berilah contoh sikap yang lembut.Ucapan-ucapan seperti terima kasih, tolong, dan maaf, biasakanlah mereka untuk mengunakanya sedari mereka kecil, agar dalam pikiran anak terpola dan menciptakan pemahaman bahwa sikap ramah adalah hal penting yang dibutuhkan untuk menjalin sebuah persaudaraan,persahabatan dan pertemanan.

2. Menjadi ibu yang baik dan penuh kasih sayang.
Dengan kita memberi contoh sikap-sikap yang baik, dari sikap-sikap yang terpuji  anak- anak akan mengenali dan mencontoh bahwa hanya kebaikan dan kasih sayang lah yang sebenarnya diperlukan jika mereka ingin selalu disayangi, disini juga akan memberi contoh anak-anak untuk saling menyayangi sesama dan diterima mereka juga ingin kehadirannya diterima oleh sesama.

3.Menjadi Ibu yang selalu positif,disiplin tinggi dan konsisten
Anak- anak pada umumnya akan meniru materi, pemikiran bahkan gaya bicara kita terutama bila mereka berada di dekat kita, Jadi saat bicara hendaknya kita berhati- hati juga dalam bersikap. Komunikasi(pembicaraan) dan sikap positif akan memberikan contoh yang baik pula bagi mereka, agar kelak diharapkan akan menjadi pribadi yang positif. Kedisiplinan juga sangat penting disini,berilah contoh sikap-sikap disiplin supaya anak terbiasa disipiln dan tertanam dalam karakternya nanti.Dan yang paling penting dari semua sikap yang kita berikan kepada anak- anak kita, akan tidak ada gunanya bila kita sendiri tidak konsisten dengan yang telah kita contohkan, jadi kita juga harus benar-benar konsisten menjalankan apa yang sudah kita ajarkan ke anak-anak kita.


Semoga bermanfaat ya.... :)

No comments: