01 July 2013

Ciri Dasar Menjadi Sukses (Y)

Kalau kita mengamati orang yang telah sukses di sekitar kita,  kita buktikan bersama bahwa ada hal menarik disini,  ternyata mereka-mereka ini memiliki ciri yang hampir sama. Ada rangkuman yang saya coba buat tentang ciri-ciri tersebut
  yang akan saya uraikan berikut ini. Tentunya ciri-ciri tersebut banyak , Namun, saya akan menulisakan  6 ciri karena kalau saya lihat itulah yang dominan membuat mereka menjadi sukses .


Baiklah, berikut saya tuliskan 6 ciri yang saya lihat.

*Yang pertama adalah Pandai Mengelola Waktu Mereka
Kita tahu pasti bahwa kita memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari, yakni 24 jam. Untuk orang yang sukses,mereka sangat pandai dalam mengelola waktu yang “sedikit”  sehingga bisa kita lihat untuk produktivitas mereka begitu tinggi. Tetapi untuk, “orang gagal” mereka cenderung membuang-buang waktu yang membuat  produktivitas mereka pun terbilang rendah.

*Yang kedua adalah Mempunyai Pemikiran Yang Selalu Positif
Kalau kita perhatikan, orang sukses itu mempunyai kemampuan tinggi dalam menghadapi dan menyeleseikan persoalan mereka. Menurut saya ini bukan masalah skill saja, tetapi juga karena mereka mempunyai pola pikir yang positif dan optimis. Pola pikir yang seperti inilah yang memunculkan berbagai ide berupa solusi atas satu masalah. Akan tetapi, pikiran yang negatif dan pesimis akan membuat kita takut dan tidak melakukan apa-apa sehingga masalah pun tidak teratasi.

*Yang Ketiga Adalah Mereka Mempunyai Visi Yang Kuat
Mereka yang ber hasil atau sukses cenderung memiliki visi yang kuat dan terbiasa mengarahkan pandangan ke depan. Mereka bisa mengatur untuk tidak terlalu lama tenggelam dalam kejayaan yang pernah diraih dan kesalahan yang pernah dilakukan. Visi yang kuat akan mendorong untuk melakukan sesuatu (Take Action), mengambil tindakan yang nyata untuk meraih mimpi-mimpi .

*Yang Keempat adalah Fleksibilitas
Orang-orang sukses juga cenderung lebih terbuka dengan berbagai perubahan yang ada, contohnya dalam hal kemajuan teknologi. Mereka tidak gaptek (gagap) ketika ada keharusan untuk mengoperasikan sistem baru. Mereka juga terbuka dengan berbagai alternatif yang tidak biasa. Sifat yang fleksibel seperti ini membuat mereka mudah beradaptasi dalam kondisi apa pun.

*Yang Kelima adalah Integritas (Kejujuran)
Dari visi yang kuat, maka orang sukses akan berusaha menjaga integritas mereka, karena hal ini sangat penting demi kelangsungan dan perkembangan usaha atau karier mereka untuk jangka panjang. Dalam dunia bisnis atau dunia kerja, mereka memang pintar, namun tidak mau merusak integritas diri dengan berbuat licik. Menipu, bertindak curang, atau memanipulasi memang bisa mendatangkan keuntungan, namun sifatnya jangka pendek, karena itu justru bisa menghancurkan diri sendiri. Hal-hal seperti ini sangat dihindari oleh orang sukses.

*Yang Keenam adalah Pandai Bergaul (Supel)
Kemampuan istimewa lain yang dimiliki oleh orang sukses yaitu supel atau pandai bergaul. Karena dengan pandai bergaul mereka disenangi oleh banyak orang sehingga kemudian bisa memiliki relasi dan koneksi yang luas. Dalam bisnis, relasi atau koneksi yang luas merupakan salah satu kunci yang banyak dimiliki oleh para pebisnis untuk menjadi sukses.

Demikianlah yang bisa saya tulis semoga bermanfaat yaaah...

No comments: