Google Find us on Google+ Inspirasi Dan Motivasi | Menyajikan hal-hal yang memberi inspirasi dan motivasi dalam segala aspek

14 September 2013

Kekuatan Jiwa

Kekuatan jiwa dapat terbentuk dari sikap yang disiplin,disini akan muncul karakter yg kuat bila seseorang mempunyai jiwa yang kuat.

Ini munkin bisa jadi referensi untuk anda:

  • Olah raga. menurut penelitian  bahwa olahraga lebih efektif untuk mencegah dan mengobati depresi dibanding dengan obat-obatan.
  • Mengkspresikan cinta. saling berbagi cinta kasih membuat hidup lebih menyenangkan dan bahagia. Mencurahkan cinta kasih untuk keluarga, kerabat dan orang lain merupakan kunci kebahagiaan rohani. Membantu orang lain membuat hidup  lebih bermakna dan kehadiran Anda diharapkan.
  • Mengurangi tontonan televisi, film dan video.soalnya jika berlebihan m dapat mempengaruhi kesehatan mental. Kekerasan dalam tayangan berita, film laga,  dapat mengurangi keseimbangan emosional, membuat depresi dan mempengaruhi respon emosi Anda. Setelah melihat begitu banyak kekerasan, Anda bisa tidak lagi mengenalinya sebagai kekerasan. Kilasan iklan televisi juga dapat menyebabkan indera dan otak overload dan kelelahan.
 Cobalah membaca berita, daripada menonton berita televisi.
 Membaca lebih berpengaruh lembut pada pikiran dan Anda bisa lebih selektif. 

  • Berapresiasi dan membuat sebuah karya seni. Menikmati seni lukis, seni fotografi, seni musik, seni tari dan berbagai kesenian lainnya bisa menjadi stabilisator mood alami dan bermanfaat menyegarkan pikiran. Menghasilkan karya seni yang dapat dinikmati orang, juga membantu seseorang untuk membangun harga diri, sesuatu yang penting bagi kesehatan mentalnya.
  • Beribadah. Ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah tentang kesehatan mental.
  • Rekreasi . habiskan waktu di alam. “Terapi hijau” bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan kedamaian batin, dan menenangkan pikiran Anda, menemukan pencerahan dan membebaskan dari pikiran negatif.
  • Hindari mengisolasi diri. Menjadi bagian dari komunitas yang saling memberikan dukungan dan bertemu secara teratur dapat sangat membantu Anda melewati krisis dan tetap positif.
  • Menjaga diet makanan. Diet dapat memperburuk gejala berbagai penyakit termasuk autisme, skizofrenia, depresi, kecemasan dan serangan panik. Makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan mental yang baik adalah buah dan sayuran dan makanan yang mengandung asam lemak esensial. Seperti ikan belida, tongkol, labu dan kacang-kacangan. Susu dan cokelat juga dipercaya menimbulkan efek menenangkan pikiran.
  • Jauhi pornografi. Rangsangan seksual pornografi dapat berkontribusi pada tumbuhnya kekosongan emosional yang dapat menyebabkan depresi, gangguan bipolar serta kesehatan mental lainnya. Hanya hubungan seksual dengan pasangan yang sah dan saling mengasihilah yang dapat mengisi kebutuhan fisik dan emosional Anda.
  • Melakukan kegiatan yang membangun rasa percaya diri. Belajar memainkan alat musik seperti piano atau biola, menguasai keterampilan bela diri, mendapatkan hadiah lomba. Dan lain sebagainya sangat membantu  anak-anak membangun rasa percaya diri.
  • Menjadi pribadi yang lebih terorganisir. Hindari menunda-nunda pekerjaan dan bersihkan dan tatalah harta benda Anda. Singkirkan kekacauan. Buang barang-barang yang tidak terpakai, selesaikan atau delegasikan pekerjaan yang menggantung dan bila perlu, mintalah bantuan orang lain untuk menyelesaikan PR-PR Anda.
Demikian munkin sedikit referensi untuk andah bisa menyeimbangkan jasmani dan rohani semoga bermanfaat untuk semua.

28 Juli 2013

Optimisme Dan Kesuksesan ^-^

Untuk menjadi seorang yang sukses pasti pasti dibutuhkan Rasa Optimisme yang kuat dalam dirinya. Kita bia mendefinisikan optimisme adalah perpaduan antara semangat, pandangan , pengharapan, dan kegigihan. Bagi orang yang mempunyai optimisme rendah sampai akhirnya masuk ke dalam ruang pesimisme pasti semangatnya pun menurun, pandangan tak lagi berkembang, harapannya pun menipis dan menjadi  malas-malasan.

Oleh karena itu orang yang tidak mempunyai optimesme akan sulit menjadi orang sukses sebab seorang yang sukses dalam kehidupannya tidak mengenal kata menyerah artinya pantang menyerah, selalu mencari alan keluar sehingga masalah bukan untuk ditakuti, dihindari dan disesali tetapi harus diseleseikan .

Disini saya tuliskan Sepuluh rincian petunjuk untuk menggugah optimisme dalam mengatasi pesimisme,
berikut ulasanya :

  • Bila kita takut akan kegagalan maka  kemungkinannya kita akan ditimpa kegagalan sebagai akibat dari ketakutan kita yang negatif. Marilah setiap saat selalu berfikir positif. Ciptakan pengharapan dan optimisme mengundang keberhasilan
  • Berusaha mencari hal yang positif walau itu dalam kegiatan yang tak disukai. Dengan seperti itu kita akan meningkatkan apa yang hanya kelihatan sebagai kemungkinan kecil untuk berhasil, karena kita melakukanya dengan lebih optimis dan lebih dinamis.
  • Terima sebuah kegagalan dengan rasa humor. Biasanya orang yang mempunyai rasa humor tinggi akan lebih mudah mengatasi suatu kejadian yang negatif, dan pesimisme biasanya timbul kalau orang kurang mempunyai rasa humor.
  • Persoalan jangan terlalu dipikirkan dalam-dalam. Walaupun itu dalam khayalan saja kita jangan memperlihatkan hal yang negatif, tetapi arahkan semua kekuatan kita untuk berpikir positif dan itu akan berefek pada tindakan yang berhasil.
  • Dalam situasi apa pun cobalah menciptakan sikap yang paling positif. Kita akan mendapatkan perubahan emosiaonal. Dan selanjutnya  kepercayaan pada diri kita akan semakin subur.
  • Pesimisme kita jangan digunakan sebagai alasan untuk melindungi  dari sebuah kekecewaan yang mungkin terjadi. Kelemahan ini yang harus kita perangi sampai habis.
  • Kegagalan dalam menyeleseikan masalah jangan dihiraukan berapa banyak kesalahan kita, tapi carilah sisi-sisi yang benar. Semangat akan turun karena kesalahan dan mengakibatkan turunya kepercayaan dalam sepuluh, yang salah lima buah, maka kita akan mendapatkan lima pecahan yang benar dan lima pecahan yang salah.
  • Bergaulah dengan orang-orang yang  mempunyai jiwa optimis dan amatilah tingkah laku mereka. kita akan mempelajari bagaimana menanamkan sikap yang optimis. Dan lebih lagi secara tidak disadari api optimisme akan menyala dalam diri kita.
  • Harus kita ingat selalu bahwa pesimisme bukanlah sifat bawaan. Seperti kebanyakan sifat manusia lainnya, pesimisme dapat dikurangi dan dirubah menjadi satu sikap yang baru yang bernama Optimisme.
  • Apabila optimisme mengakibatkan kita sukses, berilah penghargaan pada kenyataan bahwa karena optimismelah kita menjadi berhasil.


Dari rincian diatas bisa kita lihat bahwa optimesme sangat berperan penting dalam keberhasilan hidup kita,marilah kita menjadi orang-orang yang mempunyai sikap optimisme yang tinggi.sekian dan semoga bermanfaat.