18 July 2013

Dongeng Dan Manfaatnya Terhadap Anak Kita ^^

Kalau kita amati jaman sekarang ini, eksistensi kegiatan mendongeng cenderung makin memudar karena termakan oleh usia. Padahal dibalik itu terdapat banyak sekali keuntungan bagi anak-anak kita jika mereka mendengarkan dongeng.
Kegiatan mendongeng kepada anak-anak sangat berguna meskipun pada praktiknya kita mempunyai banyak hal yang menjadi halangan seperti perasaan lelah setelah bekerja dan menganggap mendongeng itu menjadi sangat merepotkan.
Padahal manfaat dongeng untuk anak sangatlah banyak seperti merekatkan hubungan orang tua dengan anak dan mendongeng juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologis dan kecerdasan anak secara emosional. Mari kita lihat manfaat lainnya yang akan diuraikan dibawah ini:
Imajinasi Anak Akan Lebih Berkembang
Dunia anak adalah dunia imajinasi. Jadi anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga temannya tentang khayalannya. Dengan daya imajinasi yang sangat bagus ini,kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap termonitor. Kegiatan mendongeng kepada anak-anak inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka kearah yang baik.
Kemampuan Berbahasa Akan Lebih Baik
Stimulasi dini yang berupa dongeng ini  mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Ini perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang yang terutama pada anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Ini disebabkan anak perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada anak laki-laki. Kemampuan verbal merupakan kemampuan awal yang dimiliki anak-anak dan inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini juga yang menyebabkan mereka lebih terlatih dalam berbahasa. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan dan akan menjadi kebiasaan nantinya.
Anak Akan Lebih Suka Membaca
Ingin memiliki anak yang mempunyai minat baca yang baik,mendongeng adalah jalan menuju hasil tersebut. Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk membaca menjadi semakin meningkat. Dengan membacakan buku cerita yang menarik kepada anak adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk meningkaykan minat baca mereka.
Terbangunya Kecerdasan Emosional Anak
Mendongeng adalah sarana hebat yang mampu merekatkan hubungan ibu dan anak dan juga bisa membangun kecerdasan emosional anak. Anak-anak masih mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Mendongeng akan membangtu anak dalam menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan kognitif. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial mereka.
Terciptanya Rasa Empati Anak
Dengan mendongeng, anak pada usia 3-7 tahun akan dirangsang kepekaany mengenai situasai sosial disekitar mereka. Melalui metode dongeng ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. Stimulasi yang akan lebih berhasil adalah dengan merangsang indera pendengarannya. Penting bagi kita memberikan stimulasi ini untuk memberikan mereka bekal yang baik untuk masa depannya. Dengan cerita-cerita dongeng yang mendidik, maka anak akan dengan mudah menyerap nilai positif yang akan menjadikan mereka lebih berempati terhadap orang lain dan lingkup sosialnya.

Demikian uraian manfaat tentang dongeng,tentunya kita sebagai orang tua ingin anak kita memiliki hal-hal seperti yang sudah diuraikan di atas.Mari kita mendongeng untuk anak-anak kita. 

2 comments:

Unknown said...

sedikit banyak anak dikatakan cerdas yaitu kreatif berimajinasi,,,!
seperti ketrampilan membuat karya tulis,,, atau yang lain,.
hidup seperti air mengalir, menelusuri aliran,,, melompati bebatuan., sampai penghujung menjadi tenang! ramadhan,,,, bulan seribu berkah!

100 Kisah Inspiratif, Menggugah Kemauan dan Mengasah Kesadaran Menjadi yangTerbaik

eko said...

betul sekali,,tentunya butuh sarana dan situasi untuk mengkondisikan supaya anak bisa lebih kreatif dan seperti yang agan bilang...oke trims telah berkunjung :)